f

xiu


Kamis, 15 November 2012

aplikasi komputer

Microsoft Word 2007
Microsoft Word 2007 meupakan pengolahan kata versi baru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Pada Microsoft word 2007 perintah – perintah ditampilkan dengan grup – grup terpisah di layar yang biasa disebut dengan ribbon. Kelebihan lainnya adalah dapat menampilkan preview sebelum perintah dieksekusi / dijalankan.
Langkah – langkah pengaturan halaman dan teks :
Mengatur kertas harus dilakukan diawal pekerjaan supaya naskah yang diketik tidak rusak saat pengeditan kembali.
Pada grup Page Layout pada Ms.Word 2007 diantaranya :
·         Margins           : Batas teks dengan tepi kertas.
·         Orientation      : Posisi kertas portrait (berdiri), landscape (mendatar).
·         Size                 : Ukuran
·         Colums            : Membuat Kolom.
Misal :

Pengaturan teks berada pada home Microsoft word 2007:
A.    Font :
Dalam page font kita dapat mengatur :
Ø  Bold                 : untuk menebalkan huruf
Ø  Italic                 : untuk membuat huruf miring
Ø  Underline         : untuk member garis bawah
Ø  Strike  Throught: untuk mencoret kata
Ø  Subscript         : untuk membuat pangkat ke bawah
Ø  Superscript      : untuk membuat pangkat ke atas
Ø  Font                 : untuk mengubah font
Ø  Font size          : untuk mengubah ukuran font.
Ø  Clear formating : untuk mendefaultkan
Ø  Font colour : untuk mengubah warna tulisan
Ø  Text colour : untuk menandai suatu huruf
Ø  Changecase : mengubah huruf suatu kata

B.    Paragraph :
Ø  Bullet : untuk memberi symbol
Ø  Numbering : member symbol angka
Ø  Multilevel : mengurutkan secara susunan
Ø  Descrease : mengubah indentasi paragraph ke kiri
Ø  Increase : mengubah indentasi paragraph ke kanan
Ø  Sort : mengurutkan sesuatu
Ø  Show / hide : menampilkan dan menyembunyikan
Ø  Align left : meratakan teks ke kiri
Ø  Center : mengetengahkan teks
Ø  Align right : meratakan teks ke kanan
Ø  Justify : rata kanan kiri





MENGEDIT  NASKAH
A.    Membuat Block Pada Teks
·         Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock. Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah (  ) ke awal kata / kalimat. Atau bisa  menggunakan Mouse Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
·         Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock , Lepas klik mouse tersebut .
·         Untuk  menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat   dalam jendela dokumen.

B.     Mengcopy Kata / Kalimat
·         Block kata / kalimat yang akan di-copy
·         Klik icon atau dengan tombol Ctrl + C
·         Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
·         Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V

C.   Memindahkan Kata / Kalimat
v  Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
v  Klik klik icon atau dengan tombol Ctrl + X
v  Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
v  Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V

D.   Membatalkan Perintah
 Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
·         Undo (Ctrl + Z)        : Membatalkan pengeditan.
·         Redo (Ctrl + Y)      : Membatalkan pembatalan pengeditan.



MENYISIPKAN OBJEK LAIN PADA WORD
Menyisipkan Simbol dan Rumus Matematika.
Di dalam komputerpun kita bisa mudah untuk menyisipkan symbol ataupun rumus – rumus matematika yang kita butuhkan. Langkah mudahnya adalah dengan equation. Cara menggunakan Equation :
Ø  Klik tab Insert kemudian klik Equation pada grup symbol.
Ø  Maka di dalam dokumen disediakan kotak khusus untuk memasukan equationnya.
Ø  Pada grup desaign equation, kita dapat memilih symbols atau rumus yang akan kita masukan.




Menyisipkan Teks Indah
Supaya tampilan lebih menarik, kita dapat membuat font yang kita inginkan menjadi lebih indah dan menarik untuk dilihat. Dengan desain warna yang menarik pula. Caranya :
Ø  Klik tab insert lalu pilih atau klik WordArt
Ø  Pilih word yang diinginkan
Ø  Lalu tulis teks yang akan d wordart pada kotak yang telah muncul atau disediakan.



Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari  Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.
Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel :
Ø  Aktifkan komputer terlebih dahulu
Ø  Klik tombol Start pada taskbar
Ø  Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
Ø  Kemudian klik Microsoft Excel 2007
MEMFORMAT CELLS
1.    Mengcopy dan memindahkan isi cells.
& Mengcopy sel
F  Blok sel yang ingin di-Copy
F  Pilih menu Edit - Copy atau Ctrl + C
F  Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
F  Pilih menu Edit – Paste atau Ctrl + V
& Memindahkan sel
F  Blok sel yang ingin dipindahkan
F  Pilih menu Edit – Cut atau Ctrl X
F  Pilih sel untuk menempatkan hasil dari cut tersebut
F  Pilih menu Edit – Paste atau Ctrl V
2.    Membuat nomor menjadi berurut.
I  Ketik angka 1 dan angka 2 dibawahnya
I  Lalu kedua dari sel tersebut diblok
I  Lalu di drag, atau tarik kebawah dengan mouse.
 
3.    Menggabungkan sel
F  Blok sel yang ingin digabungkan
F  Pilih menu format cells
F  Klik alignment
F  Tandai / klik Merge Cells – Ok
4.    Membuat garis tabel
F  Blok seluruh sel yang akan dibuat garis table
F  Klik alignment
F  Klok border
F  Pilih garis table yang akan dimasukan
F  Ok
5.    Membuat symbol mata uang
F  Blok angka yang ingin diberi symbol mata uang
F  Klik alignment
F  Pilih number
F  Klik accounting
F  Pilih mata uang di symbol
F  Isikan angka (0) pada Decimal Places
F  Ok
6.    Membuat nama satuan pada penulisan angka
F  Blok semua sel yang berisi angka
F  Klik alignment
F  Pilih number – Custom
F  Pada Type tuliskan 0 “unit”  (untuk satuan unit)
F  Ok
FUNGSI PERHITUNGAN
1.    Operator matematika
Operator matematika yang digunakan adalah :
Contoh penulisan :
=500 + 200 (lalu klik enter)
=1200 – 999
=35 * 1234
=40 / 8
=8^3
=5%
Lambang
Fungsi
+
Penjumlahan
-
Pengurangan
*
Perkalian
/
Pembagian
^
Perpangkatan
%
Persentase

2.    Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : =SUM(number1, number2,….)
Contoh : =SUM(4,5,10) tekan enter

3.    Fungsi Product(…….)
Fungsi  Product digunakan untuk melakukan perkalian  sekumpulan data  pada  suatu
range. Bentuk penulisannya :  =PRODUCT(number1, number2,….)
Contoh :  =PRODUCT(4,5,2) →→ Tekan Enter

4.    Fungsi Max(.......)
Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
Contoh : =MAX(14,25,21) →→ Tekan Enter
5.    Fungsi Min(.......)
Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)
 Contoh : =MIN(40,5,2) →→ Tekan Enter

6.    Fungsi Count(……)
Fungsi  Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)
Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) →→ Tekan Enter

7.    Fungsi Round(.......)
Fungsi Round digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk
penulisannya adalah :  =ROUND(number,num_digits)
 Contoh  :  =ROUND(123.4567,1) →→ Tekan Enter

8.    Fungsi Sqrt(…….)
Fungsi Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.
Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(number)
Contoh  : =SQRT(9) →→ Tekan Enter

9.    Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
Contoh : =AVERAGE(10,5) →→ Tekan Enter



FUNGSI LOGIKA
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita untuk menguji persyaratan dalam sel. Fungsi bersyarat adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Fungsi logika memiliki operator perbandingan :
=          (sama dengan)
<          (lebih kecil dari)
>          (lebih besar dari)
<=        (lebih besar sama dengan)
>=        (lebih kecil sama dengan)
<>        (tidak sama dengan)
I  IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
 Untuk   memilih   di   antara   dua   nilai   berdasarkan   dua  kondisi   yaitu   kondisi   benar   atau kondisi salah.
I  Fungsi If Tunggal
Contoh 1 :    =IF(A2>65,”Lulus”,”Tidak Lulus”)
I Fungsi If Majemuk
Contoh :
=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”CUKUP”,”KURANG”)))
Artinya jika pada sel  C4 nilainya  A maka hasilnya “ISTIMEWA”, jika pada sel  C4
 nilainya B    maka   hasilnya  “BAIK”,   jika  pada  sel C4   nilainya C  maka   hasilnya
“CUKUP”, atau selain kondisi diatas maka akan menghasilkan nilai “KURANG”..
                                   

BLOG
Pengertian Blog
Blog atau weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodic. Manfaat blog atau kegunaan dari blog itu sendiri sangat banyak dan juga penting. Misalnya saja bisa untuk menyimpan file atau data, membuat iklan, dll.
Dan untuk membuat blog pun tidaklah sulit.

Persyaratan membuat blog
:  E – mail
Untuk dapat membuat blog, sebelumnya kita harus mempunyai alamat e-mail. E-mail bisa kita buat di yahoo.com, plasa.com, gmail.com,dll.
:  Koneksi internet
Untuk membuat blog, membutuhkan koneksi internet.

Langkah – langkah membuat blog :
1.    Membuka Blogger
Jalankan browser, kemudian buka http://www.blogger.com . tunggu hingga muncul tampilan awal blogger.
2.    Mulai membuat
Klik tombol Ciptakan Blog Anda Sekarang pada gambar panah dibawah ini :
3.    Mengisi form :
Isilah form dibawah ini dengan benar.
4.    Memberi nama blog
Setelah form diisi lalu menuju ke Lanjutkan

5.    Memilih template blog
Akan disediakan bermacam – macam template oleh blogger. anda diminta untuk memilih salah satu dari template tersebut sesuai dengan keinginan .
Lalu Lanjutkan
6.    Selesai

0 komentar:

Posting Komentar